Site Map

Tahukah Kamu...
""

Rabu, 20 Juli 2011

Siang Ini, Gunung Lokon Meletus Dua Kali

Semburan debu vulkanik mencapai 200 hingga 600 meter dari mulut kawah.

Fhikar News
- Gunung Lokon di Tomohon, Sulawesi Utara kembali meletus hari ini, Senin 18 Juli 2011. Hari ini.Lokon meletus sebanyak dua kali, pada pukul 13.24 dan 13.34 Wita.
Menurut Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Surono, pada letusan pertama hari ini, Lokon menyemnburkan debu vulkanik setinggi 200 meter. Sementara itu, pada letusan kedua semburan mencapai 600 meter dari mulut kawah.

"Tapi mungkin lebih tinggi dari itu semburannya, karena kondisi di atas Lokon tertutup awan sehingga yang terlihat minimal 600 meter itu," kata Surono saat berbincang dengan VIVAnews.com.

Sebelumnya, letusan dahsyat terjadi pada Minggu 17 Juli siang kemarin. Saat itu, semburan abu vulkanik mencapai ketinggian 3.500 meter.

Namun Surono belum bisa memastikan apakah semburan kali ini mengandung material pijar yang dapat menyebabkan kebakaran hutan di sekelilingnya atau tidak. "Kalau letusan yang kemarin menyebabkan kebakaran semak-semak di sekitar semburan," kata Surono.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan debu vulkanikyang disemburkan Lokon dari bibir Kawah Tompaluan tertiup angin ke arah Barat laut. (eh)
Ingin mendapat tulisan terbaru Fhikar's News™ langsung ke Email Anda? masukkan alamat email Anda untuk berlangganan, Gratis!
*cek email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Artikel Menarik Lainnya



Blogger Widgets