Sabtu, 30 Juli 2011

Cara Redakan Sakit Kepala tanpa obat

Fhikar News - Hampir 90 persen manusia mengalami masalah sakit kepala sekali atau dua kali dalam setahun. Sakit kepala bahkan menjadi alasan terbanyak kedua seseorang untuk mengunjungi dokter.
Banyak hal yang menyebabkan sakit kepala, dan banyak pula obat yang beredar di pasaran untuk menyembuhkannya. Tapi, sebelum mengonsumsi obat pereda sakit kepala, ada cara alternatif untuk meredakannya. Seperti dikutip dari laman Modern Mom, empat cara sederhana ini bisa Anda lakukan agar bebas dari sakit kepala.

1. Konsumsi kafein

Apakah Anda tahu bahwa sejumlah kecil kafein dapat membantu mengurangi rasa sakit termasuk meredakan sakit kepala ringan? Kafein dapat membantu meringankan sakit kepala dengan
memblokir reseptor otak yang disebut adenosin, suatu neurotransmitter yang dapat menyebabkan pembuluh darah membesar dan menciptakan tekanan. Cobalah minum secangkir air panas, kopi panas atau teh hijau. Tetapi ingat, metode ini hanya efektif jika Anda mengonsumsi kurang dari 150 miligram kafein per hari .

2. Terapi suhu
Suhu dingin bisa membatasi aliran darah, yang dapat membantu menghilangkan rasa sakit. Menggunakan kompres dingin juga bisa membantu Anda meredakan sakit kepala. Aplikasikan kompres dingin pada daerah yang terasa nyeri selama sekitar 20 menit, sakit kepala pun akan mereda.

3. Teknik relaksasi
Otot-otot yang tegang bisa menjadi pemicu timbulnya sakit kepala. Teknik pernapasan sederhana dan latihan peregangan dapat membuat otot yang tegang kembali santai sehingga mampu meredakan sakit kepala. Bernapaslah dalam-dalam dan lakukan peregangan perlahan dengan melakukan gerakan kepala dan bahu memutar.

4. Perbaiki postur

Tahukah Anda bahwa sikap tubuh yang buruk bisa memicu sakit kepala? Bahu membungkuk, postur kepala yang terlalu ke depan serta postur leher yang kaku bisa meningkatkan peregangan dan ketegangan pada saraf. Hal ini menghalangi aliran darah dan oksigen melalui sistem saraf dan dapat menyebabkan sakit kepala dan migrain. Kabar baiknya, memperbaiki postur tubuh secara permanen mungkin dapat membantu meringankan dan menghilangkan sakit kepala.

Inilah tanda-tanda gejala stress

Fhikar News - Stres memang merupakan sumber penyakit. Namun, tahukah Anda gejala akibat stres yang kerap kali muncul? "Stres dapat menyebabkan perubahan hormonal, masalah kekebalan tubuh, atau perubahan otot yang terjadi diam-diam" ujar Bruce Rabin, MD, PhD, direktur medis dari the University of Pittsburgh Medical Center Healthy Lifestyle Program.
Memang, orang kerap kali tidak menyadari gejala-gejala tersebut sampai mereka merasa terganggu olehnya. Jangan abaikan gejala-gejala ini karena gejala awal akibat stres ini dapat memperburuk kesehatan Anda.

1. Gusi berdarah

Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh Anda. Bakteri di mulut dapat dengan mudah mengiritasi gusi dan menyebabkan peradangan ketika tingkat kekebalan tubuh rendah.

Jika hal ini terjadi pada Anda, lakukan perlindungan ekstra pada mulut. Selain itu, kembalikan kekebalan tubuh dengan berolahraga secara teratur, banyak tidur, mengatur pola makan yang seimbang, serta mengonsumsi multivitamin. Temui dokter gigi secara teratur minimal 6 bulan sekali untuk pembersihan dan pemeriksaan.

2. Pikun

Hormon yang dilepaskan selama terjadinya stres akut dapat mengakibatkan memori jangka pendek. Untungnya efek ini hanya bersifat sementara. Tetapi stres kronis dapat mengakibatkan kerusakan jangka panjang dengan mengubah struktur sel saraf dan otak. Perubahan ini memang dapat kembali seperti semula ketika stres mereda, namun hal ini dapat mengakibatkan gangguan dalam mengingat nama atau arah.

Dalam bekerja, Anda tidak akan terlepas dari stres baik ringan maupun akut. Karenanya selalu gunakan catatan daftar, kalender, atau organizer untuk membantu kerja otak Anda dalam mengingat. Letakkan alat bantu tersebut di tempat yang strategis.

3. Siklus tak menentu


Stres kerap kali membuat siklus haid tidak lancar bahkan tak menentu. Bahkan menurut penelitian yang dilakukan oleh the Harvard School of Public Health, wanta yang tertekan 2 kali lebih cenderung merasakan nyeri haid parah pada awal masa haid. Zat kimia dalam tubuh yang disebut dengan prostaglandin menyebabkan kontraksi rahim dan kram. Ketika Anda cemas, rasa sakit tersebut akan terasa lebih buruk.

Untuk menghalangi produksi prostaglandin, gunakan obat anti inflamasi nonstreoid seperti ibuprofen ketika rasa sakit muncul, biasanya hari pertama hingga kedua haid. Atau, Anda dapat menggunakan bantal pemanas, minyak kayu putih untuk meringankan rasa sakit.

4. Mimpi buruk

Ketika pikiran Anda kelebihan beban, mimpi buruk mengenai pengalaman-pengalaman yang menakutkan mungkin saja terjadi. Jika hal ini terjadi, jangan pernah terlalu memikirkannya karena hanya akan menambah beban pikiran Anda. Anggap mimpi-mimpi tersebut sebagai psikoterapi bebas atau sebuah petunjuk tentang apa yang membuat Anda tegang. Lalu, tanyakan pada diri Anda apa yang membuat mimpi tersebut terasa begitu nyata.

Namun, jika mimpi buruk terus menghantui Anda, mungkin Anda memerlukan bantuan psikolog untuk menyelesaikan masalah Anda.

Tujuh Alasan untuk Selalu Tersenyum

Fhikar News - Menebar senyum pada orang di sekeliling Anda jangan dianggap remeh. Meskipun sederhana namun memberi manfaat kesehatan luar biasa. Bagaimana pun suasana hati Anda, tersenyum bisa memberikan rasa bahagia luar biasa.
Jika Anda ragu akan manfaat senyuman untuk kesehatan, ada baiknya Anda menyimak tujuh alasan penting mengapa seseorang harus tersenyum. Berikut alasannya seperti dikutip laman Shine:

1. Tersenyum menebarkan rona bahagia

Mencoba melemparkan senyum pada orang lain bukanlah sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Meskipun terkesan sepele namun memiliki banyak manfaat. Ketika Anda tersenyum pada orang lain dan mereka membalas, mencerminkan bahwa tersenyum bisa menjadi trik tubuh dan membuat Anda bahagia.

2. Tersenyum bisa mengusir stres

Saat stres, otot-otot rahang terasa kaku. Otot-otot rahang menempel pada otot leher yang ketika diperketat dapat menyebabkan sakit kepala. Tapi dengan tersenyum stres bisa berkurang karena mampu membantu meminimalkan garis kerutan di dahi. Untuk itu, jangan ragu untuk tersenyum setiap hari.

3. Tersenyum meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ketika Anda tersenyum, tubuh Anda secara alami merasa rileks. Ketika Anda rileks, sistem kekebalan tubuh Anda dapat berfungsi secara optimal, membantu melawan pilek dan flu.

4. Tersenyum menurunkan tekanan darah

Tersenyum bisa menghilangkan ketegangan pikiran dan membuat otot-otot wajah rileks. Anda pun dapat menurunkan tekanan darah. Duduk dan menikmati pemandangan, hewan peliharaan atau bermain bersama anjing kesayangan atau melakukan sesuatu yang santai, tersenyumlah selama 5 menit dan Anda akan melihat perbedaan.

5. Tersenyum adalah obat alami penyembuh sakit

Tersenyum membantu tubuh melepaskan endorfin alami dan serotonin yang bekerja sama untuk membantu kita merasa lebih baik dan meminimalkan rasa sakit.

6. Tersenyum membuat Anda awet muda!

Tersenyum membantu melunakkan garis dan kerutan di dahi. Lupakan facelift dan metode kecantikan mahal lainnya. Cukup dengan sering melempar senyum sebagai obat mujarab mempertahankan keremajaan.


7. Tersenyum membuat Anda Tampil peraya diri & sukses

Orang yang tampak percaya diri lebih mungkin untuk dipromosikan naik jabatan dalam bisnis. Jadi menempatkan senyum di tempat kerja, bahkan dalam pertemuan proyek yang mungkin membuat Anda stres, dan lihat bagaimana orang lain merespon Anda.

Tersenyum bisa menularkan kebahagiaan, untuk itu, jangan ragu untuk tersenyum

Tiga Mitos Tentang Jerawat

Fhikar News - Jerawat yang muncul di wajah tentu saja mengganggu penampilan. Tak hanya itu, kehadiran jerawat di wajah mengurangi rasa percaya diri terutama bagi para wanita.
Tak heran, banyak wanita yang melakukan berbagai cara untuk mengusir jerawat. Hanya saja ada beberapa mitos yang salah tentang jerawat.

1. Kotoran Penyebab Jerawat

Jika Anda tidak mencuci wajah selama berminggu-minggu, mungkin ada sesuatu yang muncul lebih dari jerawat di wajah. Jadi, mulaillah untuk rajin membersihakan wajah.

Tetapi, juga jangan terlalu berlebihan. Cukup dua kali sehari untuk membersihkan wajah. Karena penggunaan sabun atau lotion yang berlebihan malah justru akan membuat kulit kering dan menyebabkan terjadinya infeksi pada wajah.

2. Makanan berlemak dan manis menyebabkan jerawat

Sampai saat ini tidak ada studi ilmiah yang menunjukkan adanya hubungan antara terjadinya jerawat dengan mengosumsi makanan tertentu. Orang gemuk memiliki jerawat yang tidak begitu banyak dibandingkan orang bertubuh kurus. Dengan kata lain, lemak yang diserap oleh orang tidak menjadikan penyebab munculnya jerawat pada diri seseorang.

3. Sinar matahari membuat jerawat menghilang?

Matahari justru membuat kulit lebih tebal dan hitam, sehingga jerawat akan kering dan membuat jerawat menjadi tak terlihat. Ketika warna kecoklatan pada kulit menghilang, jerawat akan kembali lagi. Kulit juga akan mengalami kerusakan.

Mengobati jerawat dengan lotion dan salep tidak berguna. Sinyal dalam bentuk jerawat dapat disebabkan karena lambung yang tidak sehat karena sistem kekebalan tubuh melemah. Seorang ahli kecantikan yang berpengalaman pasti akan menyarankan Anda untuk diperiksa oleh dokter kandungan atau Androlog, endokrinologi atau imunologi.

Antilaser, Teknologi Komputer Masa Depan

Fhikar News - Laser, teknologi ‘usang’ yang sudah berusia 50 tahun kini jamak digunakan di berbagai perangkat, mulai dari CD sampai ke pointer yang biasa digunakan untuk presentasi. Kini, teknologi itu menghadapi lawannya, yakni antilaser.
Perangkat antilaser akan mampu menangkap dan membatalkan sinar laser yang sudah dipancarkan.

Menurut Douglas Stone, peneliti asal Yale University, Amerika Serikat, meski perangkat seperti itu kemungkinan hanya cocok untuk film-film fiksi ilmiah, namun dalam dunia nyata, penggunaan yang paling memungkinkan dari teknologi antilaser adalah di dunia komputer, khususnya drive optik.

“Ke depannya, cara kerja perangkat ini adalah seperti memancarkan laser secara terbalik,” kata Stone, seperti dikutip dari Phbeta, 30 Juli 2011.

Stone menyebutkan, meski laser membutuhkan energi listrik dan memancarkan sinar dalam pita frekuensi yang cukup sempit, antilaser yang diciptakannya mengambil sinar laser dan mentransformasikannya menjadi energi panas. Akan tetapi energi ini juga dapat dikonversikan menjadi energi listrik.

Laser konvensional, yang ditemukan pada tahun 1960, menggunakan apa yang disebut dengan ‘gain medium’ misalnya material semikonduktor untuk membuat pancaran gelombang cahaya yang fokus.

Adapun perangkat yang dibuat Stone menggunakan silikon sebagai penyerap ‘loss medium’ yang menangkap gelombang sinar itu yang akan membuatnya memantul-mantul hingga mereka dikonversikan menjadi panas.

Dan meskipun teknologi yang ditemukan Stone tampak menarik, antilaser yang ia buat tidaklah ditujukan sebagai pelindung laser. “Ini merupakan cara untuk menyerap laser. Berbeda dengan pistol laser yang jika ia digunakan untuk membunuh, sinar lasernya tetap akan membunuh targetnya,” ucapnya.

Menurut Stone, penggunaan yang paling memungkinkan untuk teknologinya adalah di bidang komputer. “Komputer kinerja tinggi masa depan akan memiliki chip hybrid,” ucapnya. “Bukannya memiliki chip dengan transistor dan silikon, komputer masa depan akan menggunakan energi listrik dan cahaya,” ucap Stone.

Stone menyebutkan, perangkat dengan antilaser juga bisa digunakan sebagai sakelar optik yang bisa dinyala-matikan kapanpun diinginkan.

Felma Ratu Kecantikan yang Berusia 100 Tahun

Fhikar News - Ratu kecantikan umumnya wanita muda berwajah cantik dan bentuk tubuh aduhai. Tetapi, Felma Schrimshire mengenakan tiara kemenangan sebagai ratu kecantikan di usianya yang ke-100.
Felma yang menjadi perawat selama perang dunia II, mengantongi predikat nomor satu dalam lomba kecantikan di sebuah rumah jompo Alabama.

Selama kontes, Felma menggunakan nama panggung Ms Andalusia Manor. Dia berhasil mengalahkan sembilan orang finalis lainnya. "Ini sesuatu yang menyenangkan," ucap Schrimshire kepada situs oanow.com.

"Semua orang berdandan cantik, manis serta saling memuji. Ini sesuatu yang sangat hebat. Saya tidak tahu cara lain untuk mengungkapkannya," ungkapnya. Wanita yang murah senyum ini lantas mengisahkan sebagian perjalanan hidupnya. Selama perang, Schrimshire bertugas membantu dokter bedah. "Saya mendaftar ke Angkatan Darat seorang diri karena suami saya tak bisa dengan alasan kesehatan. Tidak banyak perempuan di militer saat itu. Saya berhenti satu tahun berikutnya," ucapnya mengenang kisah masa lalunya.

Setelah kematian sang suami, Schrimshire pindah ke Alabama, tepatnya di Andalusia Manor. Di tempat saudara perempuannya inilah Schrimshire menghabiskan waktu mempelajari Alkitab.

Menurut Yohanes Matson dari rumah jompo Alabama, keramahan dan kehangatan Schrimshire membuatnya menjadi juara. "Dia benar-benar melambai kepada penonton dan memberi hormat di ketiga bagian penonton. Penampilannya juga sangat hidup di atas panggung," katanya mengenai penampilan Schrimshire.

"Saya pikir, semua orang termasuk juri memiliki penilaian yang tepat," ucapnya.

Tubuh Gemuk? Salahkan Otak Anda

Fhikar News - Keinginan untuk terus-menerus makan makanan berlemak sebenarnya bukan hanya karena rasa lapar. Pemicu utamanya adalah hasrat makan yang begitu besar dan semua bermula pada otak.
Seperti dilansir dari healtmeup.com, penelitian yang dilakukan tim dari University of Cologne, Jerman, menunjukkan keinginan makan makanan berlemak memang dipicu kondisi otak dan level insulin serta leptin dalam tubuh Anda. Dokter Praveen Gupta, ahli saraf dari Rumah Sakit Artemis, India, mengungkapkan hal ini karena hanya dengan melihat makanan, otak akan aktif membangkitkan hasrat makan.

"Hanya karena mengabaikan informasi kesehatan, sangat mudah bagi otak untuk meyakinkan Anda mengonsumsi makanan yang tidak sehat," katanya.

Kondisi otak kita merupakan faktor penting dalam menentukan kebiasaan makan, termasuk seberapa banyak makanan yang dikonsumsi. Pikiran dan perasaan dapat membawa perubahan neurotransmitter dan lingkungan kimia di otak yang mengatur rasa lapar, kenyang dan pencitraan tubuh.

Makan memang kebutuhan biologis, tetapi selain itu kita juga memiliki pertimbangan psikologis ketika memilih dan mengonsumsi makanan. Sikap yang muncul karena dorongan psikologis ini memengaruhi cara kita menafsirkan makanan, termasuk rasa lapar dan kenyang dan bisa menyebabkan gangguan kebiasaan makan.

"Beberapa orang bisa jadi pecandu makanan karena kondisi psikologis. Mereka menjadikan makanan seperti obat penenang, yaitu sangat membutuhkan makanan ketika mengalami tekanan emosi yang kuat," kata Dr. Pulkit Sharma, seorang psikolog klinis.

Hal ini memengaruhi neurotransmitter di otak. Orang bisa cenderung makan berlebihan ketika mengalami kejenuhan atau tekanan. Rasa lapar pun bisa dijadikan pengendalian emosi. Mengurangi asupan makanan dan kelaparan, terkadang menimbulkan perasaan bangga pada oang yang kecanduan makanan. (umi)

Jumat, 29 Juli 2011

Bangun Setelah 21 Jam di Peti Es Kamar Mayat

Fhikar News - Seorang pria lanjut usia Afrika Selatan terbangun dan menemukan dirinya terbaring dalam lemari es kamar mayat di Johannesburg, hampir sehari semalam setelah dinyatakan meninggal dunia.
Seorang juru bicara departemen kesehatan, Sizwe Kupelo, mengatakan pria berusia sekitar 80 tahun tersebut terbangun pada Minggu pekan lalu, setelah 21 jam dikirim ke kamar mayat akibat serangan asma.

Penjaga kamar mayat, Maqolo mengatakan, saat diantar ke sini, pemeriksaan supir yang memeriksanya tidak menemukan adanya denyut nadi maupun detak jantung. "Tidak ada denyut jantung dan nadi," ucap Maqolo kepada kantor berita Associated Press.

Tubuh pria tersebut kemudian ditempatkan dalam kompartemen berpendingin. Sehari setelahnya, seorang penjaga kamar mayat mendengar teriakan minta tolong seseorang dari arah kompartemen pendingin mayat. "Saya tak percaya! Saya takut, tapi saya harus menunjukkan saya tidak takut. Lalu, saya menelepon polisi."

Setelah polisi tiba dengan bersenjata lengkap, mereka memeriksa kamar mayat bersama-sama. Mereka menemukan si kakek dalam keadaan pucat dengan tubuh dingin saat ditarik keluar dari kotak pembeku mayat. "Dia bertanya, 'Bagaimana aku sampai di sini?'" Kata Maqolo.

Departemen kesehatan mengatakan, pria itu langsung dibawa ke rumah sakit terdekat untuk observasi dan perawatan sampai dinyatakan stabil.

Menurut keluarganya, mereka tengah menggelar pertemuan keluarga saat berita bangunnya jenazah datang. "Mereka sedang mengatur pemakaman namun sangat senang bahwa dia akan kembali ke rumah," ujar Kupelo seperti dikutip dari News Daily.

Pengalaman menginap di kotak mayat berpendingin masih menyisakan trauma pada si kakek. "Aku tidak bisa tidur semalam, aku mimpi buruk," katanya. "Tapi hari ini aku jauh lebih baik."

Tahun Ini, Jumlah Manusia Sedunia 7 Miliar

Fhikar News - Menurut penelitian terakhir, populasi manusia di seluruh dunia akan mencapai 7 miliar orang di tahun 2011 ini. Angka itu kemungkinan akan bertambah lagi sebesar 2,3 miliar di tahun 2050. Padahal, 2,3 miliar adalah jumlah manusia di seluruh planet Bumi pada tahun 1950.
David Bloom, profesor ekonomi dan demografi dari Harvard University menyebutkan, peningkatan jumlah manusia ini akan menghadirkan pergolakan demografi yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Dalam laporannya yang dipublikasikan di jurnal Science, Bloom menyebutkan, pada tahun 2050, hampir seluruh dari 2,3 miliar manusia baru itu akan tinggal di kawasan yang kurang berkembang. Dan hampir separuhnya tinggal di Afrika.

Sebaliknya, sebut Bloom, populasi manusia di negara maju akan tetap bahkan usianya akan menua, dengan manusia dewasa berusia produktif yang semakin berkurang untuk mendukung penghidupan para pensiunan.

“Meski masalah yang dihadapi negara berkembang berbeda dengan masalah yang dihadapi negara kaya, akan tetapi di era globalisasi, tantangan demografi di manapun merupakan tantangan bagi negara manapun di dunia,” ucap Bloom, seperti dikutip dari UPI, 29 Juli 2011.

Di sepanjang sejarah manusia sendiri, populasi dunia umumnya tumbuh lambat. Sebagai gambaran, di tahun 1850, jumlah manusia baru ada 1 miliar orang. Namun demikian, dalam separuh abad terakhir, populasi telah melonjak dari 3 miliar menjadi 7 miliar.

“Gambaran demografi memang kompleks dan menimbulkan beberapa tantangan berat,” kata Bloom. “Hanya diam dan tidak melakukan apa-apa di saat manusia menghadapi bahaya dari perubahan demografis merupakan tindakan yang tidak bertanggungjawab,” ucapnya.

Rabu, 27 Juli 2011

9 Kota Hiburan Paling Top di Dunia

Fhikar News - Liburan bisa diisi dengan bersantai di tepi pantai, atau memanjakan diri di hotel mewah. Tapi bila suasana hingar bingar, gemerlap lampu dan kemeriahan pesta yang Anda inginkan untuk liburan, maka tidak ada salahnya bila mencoba berkunjung ke salah satu kota hiburan ternama dunia.

Dikutip dari Virgin Vacations, sedikitnya ada sembilan kota hiburan paling top di dunia, yang bisa Anda jadikan destinasi bila ingin sedikit menghilangkan penat. Ini dia beberapa pilihannya.

1. Budapest, Hungaria
Kota terbesar di Hungaria ini dipadati banyak hotel mewah dan beberapa kasino, terutama di sepanjang Danube River. Budapest memiliki banyak klub modern yang bermunculan setiap tahunnya. Di klub-klub tersebut, menghadirkan sejumlah DJ terkenal dunia yang akan memutar musik-musik dance terbaik dari tengah malam hingga dini hari.

2. Athena, Yunani
Athena dikenal sebagai kota pusatnya pesta-pesta besar diadakan. Bagi wisatawan yang berkunjung ke sini dari Juni hingga September, akan berkesempatan mengikuti kemeriahan Athens Festival. Berbagai jenis musik, tarian dan seni teater akan dipertunjukkan dalam festival tahunan ini. Jangan lupakan juga hotel-hotel berbintang 4 dan 5 di sini. Sebagian besar hotel memiliki klub indoor dan outdoor, yang akan membuat Anda jatuh cinta dengan iklim Mediterania-nya.

3. Las Vegas, Nevada
Tidak ada kota yang bisa menandingi suasana pesta paling glamor di Las Vegas. Kota yang diberi julukan ‘Sin City’ ini termasuk kota hiburan terbesar di dunia. Dengan banyaknya kasino dan tempat hiburan, akan membuat para pencinta pesta betah berlama-lama di sini.

4. Barcelona, Spanyol
Barcelona merupakan salah satu kota paling terkenal di Eropa, dan menawarkan banyak kesenangan. Pantai-pantai indah dan kehidupan malam yang mengagumkan, membuat kota ini jadi destinasi wisata untuk menghilangkan penat. Berbagai jenis musik berkumpul di kota ini, dan selera musik antara daerah satu dengan daerah lainnya bisa berbeda.

5. Berlin, Jerman
Berlin, bisa dibilang rumahnya musik tekno dan klub-klub menarik. Kota ini memiliki acara tahunan Berlin Love Parade, sebuah pesta musim panas yang mampu menarik para wisatawan dari berbagai belahan dunia untuk datang ke sini. Menginginkan musik-musik dansa terbaik dan tempat berpesta di malam hari? Berlin lah tempatnya.

6. New York City
New York adalah salah satu kota paling terkenal di dunia. Gedung-gedung pencakar langit, landmark serta kehidupan malam yang dipenuhi klub menjadi daya tarik utama kota ini. Begitu menjejakkan kaki di sini, mungkin Anda akan mengerti kenapa New York dijuluki kota yang tidak pernah tidur.

7. Rio de Janeiro, Brazil
Salah satu yang membuat kota ini menarik, adalah pagelaran karnavalnya yang fantastis dan spektakuler. Setiap bulan Februari dan Maret, kota ini selalu memiliki agenda karnaval yang menarik mata para turis asing maupun domestik. Banyak sekali parade dan pesta, di mana orang-orang akan mengenakan busana terbaik, lengkap dengan topengnya.

8. Goa, India
Goa dikenal sebagai kota legendaris dengan berbagai festival dan beragam acara menarik. Salah satu area yang paling berkembang di India ini bisa menjadi destinasi tepat saat liburan. Berkunjunglah ke Goa saat musim dingin, Anda akan menemukan pesta Natal dan Tahun Baru paling meriah di kota ini.

9. Ibiza, Spanyol
Ibiza berlokasi di dekat Laut Mediterania. Bisa dibilang, Ibiza adalah kota hiburan nomor satu yang pernah ada. Lebih dari 30 tahun, kota ini menjadi pusat tujuan para pencinta pesta dari seluruh dunia. Di sinilah tempat berkumpulnya klub-klub ternama dan musik dance nomor satu.

Cara-cara Aneh NASA Melatih Astronot

Fhikar News - Nasa terkenal memiliki cara-cara aneh dalam melatih para astronotnya. Berikut cara-cara aneh yang kerap dipakai Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) itu.
Berdasar gambar rilis badan antariksa itu, kilasan unik program pelatihan NASA memang mencengangkan namun juga jenaka. Di antara semua foto yang menggambarkan astronot menyiapkan diri untuk berjalan di luar angkasa mengarungi kolam renang menjadi salah satunya.

Tampak seperti ditulis Dailymail, ilmuwan mengenakan baju ikonik 1960-an dengan topi fedora dikelilingi air yang menjadi simulasi kondisi gravitasi bulan. Nyatanya, air menjadi tema konsisten untuk program ini.

Foto sejak 1995 ini menunjukkan, seorang astronot mengambang di atas kapal oranye yang dirancang khusus.

Salah satu foto menarik dari program mencengangkan NASA menunjukkan, astronot yang menyeringai melakukan latihan di rimba gurun dengan memakai hiasan kepala bergaya Arab.

Foto lain menunjukkan astronot sedang menggunakan baju luar angkasa lengkap di panas Nevada sembari menguji kendaraan bulan.

Elemen yang membuat foto 1972 ini menakjubkan adalah terdapat pria yang mengenakan baju lengan pendek dengan latar gedung. Foto-foto ini memang berasal dari masa lampau, namun akan memberi inspirasi pada generasi penjelajah

5 Spesies Hewan yang Buta Sejak Lahir

Fhikar News - Persepsi visual memainkan peran besar dalam kerajaan hewan, terutama untuk mengidentifikasi sumber makanan, dan menghindari mangsanya. Untuk alasan ini, kebutaan pada hewan adalah topik penelitian yg unik. Berikut ini adalah daftar spesies hewan buta.

Star Nosed Mole
Star Nosed Mole adalah hewan yang nyata (tidak diketahui banyak orang). Habitatnya berkisar dari Kanada ke Georgia. Orang-orang jarang melihat karena tinggal di rawa-rawa dan lahan basah. Dia hampir buta dan hewan itu menggunakan daging berbentuk bintang untuk merasakan di hidungnya.


Cave Fish
Cave Fish hanya dapat ditemukan di dalam gua yang memiliki aliran ke dalamnya. Mereka tidak memiliki mata fungsional dan pigmentasi. Mereka memiliki sensor papillae membentuk baris pada kulit mereka, yang mereka gunakan untuk membantu mereka menavigasi lingkungan gelap. Mayoritas ikan gua telah sedikit atau tidak ada pigmen di kulit mereka.


Blind Snakes
Ular ini menyerupai cacing tanah panjang. Mereka hidup di liang bawah tanah, dan tidak menggunakkan apapun untuk melihat, sebagian besar sisa mata mereka tidak dapat digunakan. Gambar di bawah adalah western blind snake. Ini ular, merah muda, ungu, cokelat atau berwarna perak, mengkilap, kecoklatan, silinder, dan tumpul pada kedua ujungnya, dan memiliki light-detecting black eyespots.


Texas Blind Salamander
Texas blind salamander, hidup di dalam gua dapat mencapai suatu panjang dewasa sekitar 13 sentimeter. Matanya kecil dan tersembunyi di bawah kulit. Salamander menghabiskan seluruh hidup mereka dalam kegelapan.


Blind Spider
Dari 850 spesies baru ditemukan selama survei di Australia habitat bawah tanah, laba-laba buta ini, ternyata “benar-benar hal-hal tak terduga di tempat tak terduga,” anggota tim Steve Cooper, dari Museum Australia Selatan, mengatakan pada Oktober 2009.
Sebagai contoh, seorang ilmuwan menemukan sebuah arakhnida di barat Australia yang kering pastureland yang telah diperkirakan hanya ada di hutan hujan – pertama kalinya spesies dalam kelompok yang pernah ditemukan di Australia, kata Cooper.

Uniknya Kota Hantu di Mongolia

Fhikar News - Kota yang kosong penghuni atau lazim disebut kota hantu di zaman dulu biasa terjadi akibat bencana alam atau wabah. Di era modern ini, kota hantu ini bisa mengacu ke distrik Kangbashi di Kota Ordos, Mongolia. Kota pertambangan kaya di pelosok negara tersebut nyaris tak berpenghuni meski sudah dibangun sejak tahun 2004 lalu dengan biaya hampir US$2,6 miliar atau Rp23,4 triliun!. Berikut foto kota hantu Kangbashi di Ordos, Mongolia tersebut:
Konon, Kangbashi yang diperuntukkan satu juta penduduk ini tak diminati karena minimnya fasilitas hiburan, teve kabel, dan internet. Padahal, pihak otoritas sudah membangun gedung pemerintahan, museum, perpustakaan, dan fasilitas umum lainnya.

Efek Pelukan Lebih Dahsyat Dibanding Bercinta

Fhikar News - Seberapa sering Anda memeluk pasangan? Tak hanya sekadar mempererat hubungan secara fisik, pelukan merupakan ekspresi kasih sayang yang dapat menjaga keharmonisan hubungan melebihi hubungan intim.
Sebuah penelitian mengungkap bahwa pelukan akan meningkatkan produksi hormon cinta oksitosin yang akan meredam hormon stres kortisol. Bahkan, tingginya frekuensi pelukan antarpasangan menjadi indikator hubungan harmonis yang lebih akurat dibandingkan frekuensi hubungan intim.

"Berpelukan bukan hanya memberikan kenikmatan sensual, tetapi juga perasaan nyaman, aman, dan meningkatkan rasa persahabatan. Semuanya sama pentingnya dengan manfaat hubungan seksual,“ ujar Paula Hall, pakar hubungan dari layanan kencan online 'Parship', seperti dikutip dari laman Daily Mail.

Menurut Paula, pelukan yang kerap dilakukan dapat menciptakan keintiman hubungan emosional yang sebenarnya. Efeknya diklaim jauh lebih besar dibandingkan hubungan seksual yang cenderung menjadi media untuk mencairkan kebekuan komunikasi secara emosi.

Ia menambahkan bahwa tindakan non-seksual seperti, memeluk, dan membelai, mendorong ikatan emosional yang lebih santai. Percakapan pun akan terasa lebih intim. Ini terjadi karena memeluk, menyentuh dan membelai menghasilkan hormon oksitosin yang menghasilkan perasaan bahagia.

"Oksitosin diproduksi dengan sentuhan dan membuat kita merasa baik, juga menginspirasi kita untuk menyentuh lebih banyak," kata Paula. "Itu berarti bahwa semakin sering Anda menyentuh, Anda akan merasa semakin dekat dan semakin ingin menyentuh."

Keuntungan lain pelukan adalah bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, tidak seperti hubungan seksual yang membutuhkan tempat sangat privat.

Oksitosin
Peningkatan produksi hormon oksitosin menjadi kunci utama efek dahsyat pelukan. Peningkatan hormon ini juga terjadi setelah persalinan yang memengaruhi terbentuknya ikatan kuat antara ibu dan anak. Yang pasti, peningkatan oksitosin akan menumbuhkan rasa cinta, bahagia, tenang, dan nyaman.

Oksitosin juga terbukti dapat menurunkan tekanan darah dan hormon stres kortisol. "Oksitosin bahkan memainkan peran dalam membantu tubuh tetap sehat . Oksitosin juga sebagai anti-inflamasi alami, dan memiliki sifat anti penuaan,” kata psikiater klinis dan penulis Dr Brenda Davies mengatakan.

Dalam kondisi normal, pria dan wanita menghasilkan jumlah oksitosin yang sama di tubuhnya. Namun, wanita cenderung merasakan efek yang lebih kuat karena dipengaruhi hormon estrogen. "Bagi banyak wanita, Anda bisa mengatakan oksitosin adalah berkah, karena membuat pria lebih empati," kata Dr Keith Kendrick dari Universitas Cambridge.

Kucing Tingkatkan Risiko Kanker Otak

Fhikar News - Apakah Anda pecinta kucing? Sebuah penelitian memeringatkan potensi kanker otak akibat memelihara kucing. Peringatan ini merujuk pada temuan hubungan antara parasit yang bersemayam di perut kucing dan pemicu kanker otak pada manusia.
Parasit yang hanya hidup dalam tubuh kucing itu adalah Toxoplasma gondii. "Kami yakin bahwa T gondii potensial meningkatkan risiko kanker otak pada manusia," kata Frederic Thomas, peneliti dari CNRS Research Institute di Montpellier, Prancis, seperti dikutip dari Daily Mail.

Dalam penelitian itu, Frederic dan timnya membandingkan data pasien kanker otak pria dan wanita dan tingkat paparan infeksi Toxoplasma gondii di sekitarnya. Hasilnya, angka pasien kanker otak lebih tinggi di kawasan yang memiliki tingkat paparan tinggi parasit tersebut.

Tak hanya berhubungan dengan kanker otak pada manusia, parasit itu diklaim juga memengaruhi risiko kanker otak pada hewan.

Dari hasil penelitian yang dilakukan pada tikus, infeksi parasit tersebut di otak juga memicu terjadinya perubahan perilaku. Tikus yang umumnya takut dengan kucing menjadi kehilangan rasa takut setelah terinfeksi. Penelitian lanjutan pun memperkuat kesimpulan itu, wanita terinfeksi cenderung menjadi pemalu, dan pria terinfeksi cenderung agresif.

Penyebaran parasit ini umumnya terjadi lewat kontaminasi kotoran kucing pada makanan, minuman, dan tanah. Waspada bila suka menyantap daging yang kurang matang, terutama daging kambing, babi, dan rusa. Sementara wanita hamil, disarankan tak mengambil risiko berdekatan dengan kucing selama masa kehamilan karena bisa membahayakan janin.

Terkait dengan hasil penelitian ini, para peneli menekankan bahwa mereka tidak berusaha membuktikan bahwa kucing menyebarkan kanker otak. Penelitian lebih ditujukan untuk mengembangkan terapi pengobatan. "Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan hubungan antara T gondii dan berbagai jenis tumor otak." (umi)

5 Minuman Segar Peramping Perut

Fhikar News - Minuman bersoda, sirup atau milkshake memang sangat menyegarkan. Tetapi, minuman tersebut mengandung gula tinggi yang bisa membuat bobot tubuh meningkat dan perut makin membuncit.
Sebenarnya ada minuman yang selain segar juga bisa membantu Anda merampingkan perut. Seperti dilansir dari Prevention, coba saja secara teratur konsumsi lima minuman berikut, yang memiliki banyak manfaat kesehatan dan membuat perut makin seksi.

1. Air berbagai rasa

Selalu memenuhi asupan cairan adalah kunci untuk menjaga berat badan. Minum air putih membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan, mengurangi risiko kembung dan membuat Anda kenyang lebih lama. Tetapi, jika Anda bosan dengan rasa air putih, tambahkan saja perasan jeruk nipis, daun mint atau irisan mentimun.

2. Jus semangka

Selama jus semangka tidak ditambah dengan gula, asam aminonya bisa membantu meluruhkan lemak perut. Adalah asam arginine, yang menurut penelitian dalam Journal of Nutrition bisa mengurangi lemak tubuh dan membuat massa otot lebih kecil, termasuk otot perut. Kandungan nutrisi dan asamnya juga berfungsi meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Teh peppermint
Ini adalah minuman 'pemadam' haus yang sangat menyegarkan saat cuaca panas. Fungsinya bukan hanya menghilangkan dahaga tetapi juga membantu tubuh memproses lemak lebih cepat. Setelah Anda mengonsumsi makanan berlemak tinggi seperti daging merah, minum saja teh peppermint.

4. Nanas frappe
Buatlah jus nanas Anda menjadi minuman segar sekaligus bisa merampingkan perut. Caranya dengan mencampurkan dua sendok makan minyak biji rami ke dalam jus. Kandungan asam lemak tak jenuh pada minyak biji rami terbukti bisa meluruhkan lemak perut. Sementara, nanas mengandung bromelain, yaitu enzim yang membantu memecah protein, sehingga mempermudah proses pencernaan dan mencegah kembung.

5. Teh hijau

Bukan hanya mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker, konsumsi teh hijau juga membantu mengurangi lemak perut. Hal ini karena kandungan catechin pada teh hijau yang sangat tinggi. Akan lebih baik jika Anda mengonsumsinya sebelum berolahraga, karena akan membantu pembakaran lemak lebih banyak. (eh) • VIVAnews

Terkuak, Misteri UFO Belgia Tahun 1990

Fhikar News - Tahun 1989 dan 1990 adalah tahunnya UFO (unidentified flying object) di Belgia. Kala itu, sejumlah penampakan benda aneh terbang dilaporkan. Pada 29 November 1989, misalnya, UFO segitiga dengan lampu-lampu terang di bawahnya dilaporkan sejumlah saksi, termasuk tiga kelompok polisi.
Laporan-laporan UFO itu diperkuat dengan beberapa bukti foto dan rekaman. Foto terbaik yang pernah diambil adalah gambar UFO segitiga yang dipotret seseorang anonim pada April 1990. Dalam foto itu tergambar benda segitiga dengan lampu di masing-masing sudutnya, satu lampu lainnya berada di tengah. Sejumlah orang mengklaim, itu adalah bukti penting keberadaan UFO, lainnya tak percaya dan menganggapnya sebagai tipuan (hoax).

Tapi toh, keberadaan foto itu membuat para ilmuwan sibuk meneliti, apa sebenarnya benda itu. Tak terkecuali ilmuwan-ilmuwan terkemuka Badan Antariksa AS (NASA). Mereka dibuat bingung.

Foto itu mungkin bakal terus jadi misteri sampai saat ini -- setelah 21 tahun berlalu. Seseorang pria mengaku di RTL-TVI network. Bahwa dia adalah orang yang bertanggung jawab di balik insiden foto menghebohkan itu. Dan bahwa UFO yang tampak dalam foto adalah tipuan belaka.

Dia menjelaskan, benda dalam foto terbuat dari polistiren atau sejenis gabus yang dirangkai hanya dalam hitungan jam. Lalu difoto malam hari.

Pria yang diidentifikasi sebagai Patrick itu mengaku, perbuatan iseng tersebut ia lakukan saat berusia 18 tahun. Bersama sejumlah teman, ia melukis gabus yang telah dirangkai, menggantungnya, dan memotretnya. Hasil karya iseng mereka menjadi foto paling tajam yang dimiliki para ilmuwan.

Beberapa hari setelah foto tersebut dirilis, sebuah pesawat Angkatan Udara Belgia diperintahkan untuk memburu UFO di seluruh negeri. Tapi, tak ada hasil. Beberapa warga Belgia meyakini apa yang mereka kira sebagai UFO adalah pesawat siluman baru yang sedang diuji NATO.

"Sangat mudah untuk membodohi orang, bahkan dengan cara dan modal murah," kata Patrick, lantas menambahkan ia berpendapat, ini waktu yang tepat untuk menguak rahasia itu. (Strait Times)

Manusia Penghuni Kutub Punya Otak Lebih Besar

Fhikar News - Penelitian terbaru menunjukkan orang yang hidup di daerah kutub mempunyai bola mata dan otak yang lebih besar. Peningkatan ukuran otak dan mata ini memungkinkan seseorang melihat lebih baik dari pada mereka yang tinggal di katulistiwa
"Seseorang yang tinggal di daerah kutub akan memiliki bola mata 20 persen lebih besar dari mereka yang tinggal di equator," kata Kepala Institute of Cognitive & Evolutionary Anthropology Universitas Oxford, Robin Dunbar seperti dilansir laman Discovery News.

"Orang yang tinggal di garis lintang tinggi mempunyai aktivitas visual yang lebih tinggi dari pada yang tinggal di sekitar equator," tambah Dunbar.

"Intinya, mereka memiliki penglihatan lebih baik untuk mengatasi tingkat pencahayaan yang kurang di daerah garis lintang tinggi."

Untuk penelitian ini, Dunbar dan koleganya, Eiluned Pearce meneliti 55 individu dari 12 populasi berbeda. Penelitian ini difokuskan pada volume dan kapasitas tengkorak. Individu yang diteliti merupakan orang yang hidup pada 200 tahun lalu dan tengkoraknya menjadi koleksi Museum Universitas Oxford.

Penelitian menemukan hubungan yang signifikan antara garis lintang dengan volume otak. Otak terendah dimiliki oleh jenis Micronesia yang banyak tinggal disekitar garis katulistiwa dengan berat otak 40,6 ons. Sedangkan otak yang lebih besar dimiliki jenis Scandinavia yang banyak tinggal di sekitar kutub dengan berat 50,2 ons.

Tengkorak warga penghuni Kutub Utara tidak dimasukkan, tapi peneliti membuat perkiraan 20 persen lebih besar berdasarkan data yang mereka punya. Namun, para peneliti dengan cepat mengatakan volume otak ini tidak terkait dengan tingkat kecerdasan.

"Intinya, yang kami maksudkan orang memiliki otak lebih besar pada orang yang tinggal di garis lintang tinggi, bukan berarti mereka lebih cerdas. Ini hanya berarti mereka memiliki peningkatan volume otak yang digunakan untuk penglihatan dan ini telah meningkatkan ukuran otak secara keseluruhan," kata Pearce.

Bola mata yang lebih besar memungkinkan gambar yang jatuh ke daerah photoreceptor lebih kecil sehingga lebih jelas untuk membedakan. Jumlah pencahayaan di bumi semakin menurun seiring peningkatan garis lintang. Sehingga, orang-orang yang tinggal di daerah garis lintang tinggi perlu meningkatkan penglihatan.

Senin, 25 Juli 2011

Jessica, Maafkan Papa Nak......!!

Pada suatu malam Budi, seorang eksekutif sukses, seperti biasanya sibuk memperhatikan berkas-berkas pekerjaan kantor yang dibawanya pulang ke rumah, karena keesokan harinya ada rapat umum yang sangat penting dengan para pemegang saham. Ketika ia sedang asyik menyeleksi dokumen kantor tersebut, Putri kecilnya Jessica datang mendekatinya, berdiri tepat disampingnya, sambil memegang buku cerita baru.

Buku itu bergambar seorang peri kecil yang imut, sangat menarik perhatian Jessica, "Pa liat"! Jessica berusaha menarik perhatian ayahnya. Budi menengok ke arahnya, sambil menurunkan kacamatanya, kalimat yang keluar hanyalah kalimat basa-basi
"Wah,. buku baru ya Jes?",
"iya pa" Jessica terlihat begitu berseri-seri karena merasa ada tanggapan dari ayahnya.

"Bacain Jessi dong Pa" pinta Jessica lembut,
"Wah papa sedang sibuk sekali, jangan sekarang deh" sanggah Budi dengan cepat. Lalu ia segera mengalihkan perhatiannya pada kertas-kertas yang berserakkan didepannya, dengan serius.

Jessica bengong sejenak, namun ia belum menyerah. Dengan suara lembut dan sedikit manja ia kembali merayu "pa, mama bilang papa mau baca untuk Jessi"
Budi mulai agak kesal, "Jes papa sibuk, sekarang Jessi suruh mama baca ya"

"Paaaaa, mama juga cibuk terus, papa liat gambarnya dulu, lucu-lucu deh",
"Lain kali aja Jessicaaaa, sana! papa lagi banyak kerjaan" Budi berusaha memusatkan perhatiannya pada lembar-lembar kertas tadi, menit demi menit berlalu, Jessica menarik nafas panjang dan tetap disitu, berdiri ditempatnya penuh harap, dan tiba-tiba ia mulai lagi.

"Pa,.. gambarnya bagus lo, papa pasti suka"
"Jessica, PAPA BILANG, LAIN KALI!!" kata Budi membentaknya dengan keras.

Kali ini Budi berhasil, semangat Jessica kecil terkulai, hampir menangis, matanya berkaca-kaca dan ia bergeser menjauhi ayahnya.

"Iya pa,. lain kali ya pa?" Ia masih sempat mendekati ayahnya dan sambil menyentuh lembut tangan ayahnya ia menaruh buku cerita di pangkuan sang Ayah. "Pa kalau papa ada waktu, papa baca keras-keras ya pa, supaya Jessica bisa denger".

Hari demi hari telah berlalu, tanpa terasa dua pekan telah berlalu namun permintaan Jessica kecil tidak pernah terpenuhi bahkan mungkin tidak akan pernah terpenuhi, buku cerita Peri Imut, belum pernah sekalipun dibacakan untuknya. Hingga suatu sore terdengar suara hentakan keras "Buukk!!"

Beberapa tetangga melaporkan dengan histeris bahwa Jessica kecil terlindas kendaraan seorang pemuda mabuk yang melajukan kendaraannya dengan kencang didepan rumah Budi. Tubuh Jessica mungil terhentak beberapa meter, dalam keadaan yang begitu panik ambulance didatangkan secepatnya.

Selama perjalanan menuju rumah sakit, Jessica kecil sempat berkata dengan begitu lirih "Jessi takut Pa, Jessi takut Ma, Jessi sayang papa mama" darah segar terus keluar dari mulutnya hingga ia tidak tertolong lagi ketika sesampainya di rumah sakit terdekat.

Kejadian hari itu begitu mengguncangkan hati nurani Budi, Tidak ada lagi waktu tersisa untuk memenuhi sebuah janji. Kini yang ada hanyalah penyesalan. Permintaan sang buah hati yang sangat sederhana pun tidak terpenuhi.

Masih segar terbayang dalam ingatan budi tangan mungil anaknya yang memohon kepadanya untuk membacakan sebuah cerita, kini sentuhan itu terasa sangat berarti sekali, ",...papa baca keras-keras ya Pa, supaya Jessica bisa denger" kata-kata Jessi terngiang-ngiang kembali.

Sore itu setelah segalanya telah berlalu, yang tersisa hanya keheningan dan kesunyian hati, canda dan riang Jessica kecil tidak akan terdengar lagi, Budi mulai membuka buku cerita peri imut yang diambilnya perlahan dari onggokan mainan Jessica di pojok ruangan. Bukunya sudah tidak baru lagi, sampulnya sudah usang dan koyak. Beberapa coretan tak berbentuk menghiasi lembar-lembar halamannya seperti sebuah kenangan indah dari Jessica kecil.

Budi menguatkan hati, dengan mata yang berkaca-kaca ia membuka halaman pertama dan membacanya dengan suara keras, tampak sekali ia berusaha membacanya dengan keras, Ia terus membacanya dengan keras-keras halaman demi halaman sesuai permintaan jessica tempo hari dengan berlinang air mata.

"Jessi dengar papa baca ya" selang beberapa kata,.. hatinya memohon lagi
"Jessi papa minta maaf nak"
"papa sayang Jessi"
Seakan setiap kata dalam bacaan itu begitu menggores lubuk hatinya, tak kuasa menahan itu Budi bersujud dan menangis, tersedu dia memohon satu kesempatan lagi untuk mencintai.

Berapa Gaji Minimal Untuk Menikah ?

Seorang temen pernah bertanya: “Eh, kalo gw nikah tapi dengan gaji gw yang cuma Rp***** bisa ga ya? Cukup ga ya? Hmmm…..

Maka dari pertanyaan itu dibuat survey asal, dan berikut adalah daftar pengeluaran standar bulanan setelah merit. Sekedar berbagi aja, buat temen2 yang mungkin juga mengalami "Matery after merit phobia syndhrome"..

Daftar anggaran bulanan:
-------------------------------
(asumsi : disusun berdasarkan skala proritas, disusun dengan sangat2 relatif, dan berdasarkan basic needs standar menengah ke bawah).

1. Makan
Dengan asumsi sekali makan adalah Rp. 5.000. Maka makan 3x sehari, kali 2 orang (karena lagu sepiring berdua cuma berlaku pada saat pacaran aja), kali 30 hari adalah : Rp. 900.000.

*Tips :
Rajin2 ke kondangan, walimahan, atau sunatan, dan bawa pulang nasi kotaknya, pasti lebih ngirit.

2. Kontrakan
Dengan asumsi masih ngontrak di rumah petak, yang punya uda botak, tapi masih galak, dan punya anjing belum jinak. Maka dana untuk kontrakan sekitar Rp. 500.000/bulan.

*Tips :
Tinggallah di Pondok Mertua Indah. Niscaya 2 dana diatas gak akan pernah ada. Di pondok mertua indah, anda akan bebas makan apa aja, termasuk "makan ati" (^__^)

3. Listrik dan Air
Dengan asumsi daya listrik 900 watt dan pake jetpam maka anggaran untuk listrik adalah Rp. 100.000/bulan.

*Tips :
Jangan pake AC, cukup AC (Angin Cendela). Jangan suka main Plestesyen (PS), cukup main monopoli,sudamanda atau gaple, domino ama istri terasa lebih romantis.

4. Transportasi
Dengan asumsi naik motor ke kantor, dengan motor yang paling irit rit rit, maka untuk ongkos bensin dan servis adalah Rp. 100.000.

*Tips :
Gunakanlah Bensin campur! (Maksudnyah campur dorong, pasti lebih irit). Atau ikutlah “Nebeng Fans Club”, dengan alasan mempererat silaturahmi dengan yang ditebengi maka perjalanan berangkat dan pulang kantor akan terasa lebih menyenangkan.

5. Komunikasi
Dengan asumsi pake CDMA yang 1000/menit maka untuk sebulan, ongkos komunikasi berdua adalah Rp. 100.000.

*Tips :
Pakelah "FREN" yang lebih murah (maksudnya kalo mau nelpon atau sms tinggal bilang “Freeen…minjam HP nya dong freen…”)

6. Keperluan Sehari Hari
Seperti sabun,odol,syampu, dll dsb. Dengan asumsi tidak pake fesyel,krimbat, manikyur, pedikyur, kukyur2 maka alokasi dana untuk ini sebesar Rp.50.000.

*Tips :
Mandi kalo perlu saja. Kalo dulu 2 kali sehari,jadi 2 hari sekali. Untuk ngirit odol kembalilah memakai tumbukan batu bata

7. Kesehatan
Seperti minyak kayu putih,vitamin, obat pusing (ini penting buat pengantin baru wekekekek!), maka alokasi cadangan untuk kesehatan sebesar Rp. 50.000.

*Tips :
Jaga kesehatan. Jangan begadang…kalo tiada artinya…begadang bole saja…asalkan sambil
ronda (halah!!)

8. Entertaiment
Nha ini kalo ada uang lebih aja, bisalaah sekali2 nomat (nonton hemat, bioskop), liat live music, lari pagi di monas, atau makan martabak sekali2.

Kesimpulan
Jadi, dapat kita simpulkan…
Dari asumsi basic needs diatas maka pengeluaran untuk tiap bulan adalah sebesar :

Rp. 1.800.000/ bulan..

(busyeeett dah…masih gede juga ya)

Mungkin ini bisa jadi bahan pertimbangan temen2 ketika pengen nikah, untuk kemudian dibandingkan dengan pemasukan yang ada. Kalopun masih ‘besar pasak daripada tiang’ Anda bisa memperkecil pasak, atau memperbesar tiang…ataauu. ..ga usak pake pasak, tapi dipaku aja!

Tapi ada 1 hal yang ga bisa dijelaskan dengan perhitungan ketika anda memutuskan untuk menikah
(Serius Mode : On)....

Yaitu, Berkah Menikah..

Selalu, Allah akan mencukupi kebutuhan umatnya yang mau berusaha dan berdoa. Selalu bersukur dan percaya bahwa Allah-lah raja dari segala raja akunting! Ok ??

Sumber : Situslakalaka

8 Hewan Peliharaan Penyembuh Sakit

Fhikar News - Memiliki Hewan peliharaan di rumah mungkin berisiko menimbulkan alergi. Namun, menurut para ahli, memelihara binatang di rumah bisa memberi efek positif: membantu penyembuhan penyakit.

Tak hanya anjing dan kucing, sejumlah hewan seperti kelinci, babi, ular juga bermanfaat meningkatkan kesehatan manusia. Beberapa di antaranya membantu ilmuwan mengembangkan pengobatan baru untuk penyakit-penyakit serius termasuk diabetes, demensia dan Parkinson.

Dr Samantha Wright, psikolog yang mempelajari hubungan antara manusia dan hewan peliharaan, mengatakan, tidak ada hal yang mustahil untuk mendapatkan manfaat potensial dari hewan.

“Ide bahwa hewan peliharaan dan kesehatan yang baik dihubungkan kembali dalam beberapa dekade belakangan ini. Ada banyak spesies yang dapat membantu mengembangkan pengobatan baru untuk segala macam penyakit,” kata Samantha seperti dikutip dari laman The Sun.

Berikut beberapa hewan top di dunia yang bisa membantu manusia menyembuhkan beberapa penyakit, seperti diungkap Lynsey Haywood:

1. Anjing bisa mengendus kanker
Binatang berkaki empat tak hanya bisa dijadikan teman, mereka juga bisa mendeteksi adanya kanker tahap dini melalui indra penciumannya.

Dalam sebuah studi di Jepang, Labrador diberikan sampel napas dan tinja untuk diendus, dan ternyata mereka mampu mengidentifikasi adanya kanker usus yang berasal dari pasien. Para ilmuwan percaya bahwa bau tumor bisa terdeteksi oleh indra penciuman anjing.

Dr Hideto Sonoda mengatakan bahwa sekarang dibutuhkan penelitian untuk mengembangkan sebuah ‘hidung anjing elektronik’ sebagai pendeteksi kanker. “Senyawa kimia dari bau tidak jelas. Hanya anjing yang tahu jawabannya.”

2. Kelinci bisa deteksi kanker serviks
Mendeteksi kanker serviks menggunakan kelinci mulai dikembangkan setelah dua ilmuwan Inggris menemukan virus yang memicu penyakit pada kelinci selama tahun 1960-an. Hasilnya, sebuah vaksin yang dapat mencegah kanker serviks.

Vaksin ini mulai tersedia pada 2006 setelah 70 tahun penelitian hewan dilakukan. Pemerintah Inggris sudah menawarkan suntikan vaksin ini untuk wanita berusia 12 sampai 13 tahun demi mencegah makin menjalarnya penyakit yang membunuh hampir 1.000 wanita dalam setahun di Inggris.

3. Kucing bisa mencegah risiko stroke
Orang yang memiliki kucing, 40 persen lebih kecil kemungkinannya untuk menderita serangan jantung fatal, menurut sebuah studi di University of Minnesota di AS.

Peneliti Dr Adnan Qureshi mengatakan, membelai kucing moggies ternyata bisa menurunkan stres dan kecemasan pemiliknya, membuat mereka mampu menurunkan risiko pengembangan penyakit kardiovaskular. “Ini membuka jalan baru untuk perawatan, dan tidak seperti obat-obatan atau operasi, kepemilikan kucing tampaknya tidak memiliki risiko.”

4. Kelinci dan hamster sembuhkan asma
Anak-anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan seperti kelinci percobaan, kelinci atau hamster mungkin bisa mengembangkan asma atau alergi, menurut para ilmuwan.

Tapi peneliti AS mempelajari sekelompok anak-anak di New York dan menemukan bahwa tumbuh di lingkungan yang kurang steril kadang-kadang justru bisa meningkatkan kesehatan mereka.

Peneliti Matt Perzanowski mengatakan, “Terkena bakteri tertentu dapat memberikan kesempatan anak untuk membangun sebuah kekebalan tubuh.”

5. Ular bisa sembuhkan tekanan darah tinggi
Orang yang digigit ular berbisa bisa tak sadar karena tekanan darah mereka merosot. Terinspirasi kerja racun ular, para ilmuwan mengembangkan versi racun sintetis dari bahan kimia yang dibuat dari lubang racun ular berbisa Brasil.

Dikenal sebagai inhibitor ACE, mereka telah membantu jutaan orang menurunkan tekanan darah untuk mengurangi risiko serangan stroke, jantung dan penyakit ginjal. Venoms ular berisi sampai 100 zat yang berbeda, sehingga dapat digunakan untuk mengobati berbagai penyakit.

6. Lumba-lumba sembuhkan diabetes
Lumba-lumba bisa membantu manusia menyembuhkan diabetes. Para ilmuwan menemukan bahwa mamalia resisten terhadap insulin, seperti beberapa penderita diabetes.

Namun keistimewaan lumba-lumba dipelajari oleh Yayasan Nasional Marinir AS. Mamalia mampu beralih melakukan perlawanan terhadap penyakit mematikan.

Mereka dapat melakukan hal ini ketika mereka makan, yang memungkinkan mereka untuk mengatasi protein tinggi, dan salah satu ikan yang bisa melakukan diet rendah karbohidrat.

7. Ikan bisa menyembuhkan demensia
Orang tua yang makan ikan atau makanan laut sekali seminggu berisiko rendah mengembangkan demensia, menurut sebuah studi Prancis.

Para ilmuwan mengatakan asam lemak dalam minyak ikan membantu mengurangi peradangan di otak dan berperan dalam regenerasi sel saraf. Ikan juga dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Sejumlah penelitian menemukan, menonton ikan berenang dalam akuarium juga bisa memunculkan rasa tenang dan mengurangi rasa cemas.

8. Babi bisa sembuhkan parkinson
Sebuah penelitian di AS menemukan bahwa sel babi yang ditransplantasikan ke sel-sel otak bisa membantu penderita penyakit Parkinson mendapatkan kembali mobilitasnya.

Sel-sel diambil dari janin babi yang belum lahir atau berkembang. Tujuannya adalah setelah mereka dipindahkan ke dalam otak manusia, mereka akan dikembangkan ke dalam sel manusia untuk menghasilkan dopamin, seperti fungsi otak. Dr Curt Freed, dari University of Colorado, mengatakan, “Itu adalah perkembangan yang luar biasa.”

7 Desa Paling Unik di Dunia

Fhikar News - Desa merupakan tempat tingal masyarakat yang jauh dari kota, desa juga identik dengan masyarakatnya yang gaptek dan jauh dari kemajuan dan kesejahteran masyarakat di desa biasanya pada umumnya sangat rendah mungkin karena sebap itu munculah desa desa yang unik dari penjuru dunia berikut.

1. Desa Dengan 100 Kembar Identik

Tak heran jika guru di sekolah itu mendapat tugas tambahan untuk menghapal muridnya satu per satu. Kedua puluh pasang anak kembar itu berjenis kelamin sama dan merupakan kembar identik. Para guru kerap salah saat menyapa nama mereka. Apalagi setiap pasang anak kembar hanya dibedakan dengan belahan rambut.

Salah satu pasangan kembar mengatakan, tanda lahir di leher merupakan salah satu pembeda mereka. Selebihnya mereka nyaris sama. Warga Desa Kodinji yang mayoritas muslim juga mengatakan, keberadaan anak kembar di desa itu bukan hal yang aneh. Mereka mengangapnya sebagai hal istimewa yang dianugerahkan Sang Pencipta.

Kebanyakan anak kembar juga lahir di rumah sakit yang sama. Menurut gynaecologist rumah sakit setempat, selama 10 tahun ia bekerja tercatat ada 100 hingga 150 kembar. Lima atau enam di antaranya kembar tiga. Kenyataan itu melahirkan misteri yang mengundang untuk diteliti lebih lanjut.

2. Desa Unik yang Mempunyai Penduduk Hanya Satu Orang







Adalah seorang pria bernama Don Sammons (60th) yang sudah terbiasa tinggal sendirian. Di rumah? Tidak! Dia tinggal di dalam sebuah desa aneh yang hanya berpenduduk 1 orang, yaitu dirinya. Sendirian!

Desa Buford terletak di Wyoming, Colorado, daerah perbukitan dengan suhu rendah terlebih di musim dingin. Desa ini telah ditinggalkan oleh seluruh penghuninya yang memilih untuk tinggal di tempat lain untuk mencari penghidupan yang lebih baik karena merasa wilayah ini tidak akan bisa berkembang. Namun tidak demikian dengan Kakek Sammons yang kekeh untuk tetap tinggal di sana walaupun seorang diri.

Sammons meninggalkan Los Angeles taun 1980 bersama istri dan anaknya dan memilih menetap di Buford yang ketika itu masih dihuni oleh sekitar 2000 orang pekerja rel kereta api. Ketika istrinya meninggal 15 tahun lalu, anaknya yang kini berusia 26 tahun pun memilih untuk pindah ke kota Colorado.
Sammons mengelola sendiri sebuah pom bensin kecil dan sebuah toko untuk melayani mereka yang mampir dalam perjalanan lintas negara. “Dalam sehari toko saya bisa dikunjungi 1000 orang di musim panas, namun menurun hingga 100 orang saja di musim dingin,” kata Sammons yang mengklaim dirinya sebagai raja di Buford.

3. Desa Dengan Penduduk Keterbelakangan Mental

Sebanyak 445 warga di tiga desa yakni Desa Patihan, Pandak, dan Sidoharjo, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, mengalami keterbelakangan mental atau idiot. Kondisi ini diyakini sudah terjadi sejak 1970-an. Saat itu terjadi kemarau berkepenjangan di lereng perbukitan Rajekwesi yang menjadi awal malapetaka kemiskinan. Tiga desa tersebut bersebelahan hanya dipisahkan oleh gugusan perbukitan Rajekwesi. Desa Sidoharjo berada di lereng sebelah utara, Desa Karang Patihan di lereng timur, sementara Desa Pandak berada di tenggara. Namun jarak antar desa mencapai puluhan kilometer dipisahkan hutan dan perbukitan kapur.

Kepala Desa Karang Patihan Daud Cahyono menuturkan, sejak kemarau menerjang, kondisi desa di sekitar perbukitan menjadi tandus dan berkapur. Tak sedikit warga yang kekurangan gizi, kekurangan iodium, sehingga menyebabkan kebodohan.

Kepala Seksi Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo Iman Sukmanto membenarkan hal tersebut. Menurut dia, salah satu penyebab keterbelakangan mental ratusan warga adalah kekurangan iodium yang banyak terdapat pada garam atau kecap. Untuk menghindari agar kasus idiot tidak berlanjut, Pemkab dan Dinkes Ponorogo terus melakukan sosialisasi perbaikan gizi kepada masyarakat, termasuk pembagian garam iodium gratis kepada seluruh warga.

Diharapkan generasi baru di kawasan tersebut tidak lagi mengidap keterbelakangan mental.

Pengidap idiot parah yang sudah berusia lanjut dan tidak bisa beraktivitas sama sekali, Pemkab berencana memberikan santunan berkala sampai penderita habis.

4. Desa Kepiting

Sebuah perkampungan yang warganya mengalami kelainan fisik ditemukan di Dusun Ulutaue, Desa Mario, Kecamatan Mare, Bone, Sulawesi Selatan. Di sana, puluhan penduduknya menderita kelainan di jari kaki dan tangan. Mulai dari lanjut usia hingga bawah lima tahun, jari-jari mereka terbelah menjadi dua hingga mirip capit kepiting.

Pantauan SCTV, Senin (7/2) di Dusun Ulutaue, baik anak-anak maupun dewasa memiliki jari terbelah dua dan terkadang hanya memiliki tiga ruas jari. Alhasil, jika difungsikan, jari mereka mirip dengan kepiting. Fenomena tersebut mereka anggap sebagai kutukan bagi mereka yang berasal dari garis keturunan yang sama.

Kendati demikian, mereka tak pernah malu dengan warga kampung lain. Bahkan hal ini sudah menjadi hal biasa seperti takdir mereka. Bisa jadi, keanehan tersebut terjadi lantaran asupan gizi yang kurang sejak usia dalam kandungan. Maklum, pekerjaan mereka sehari-hari hanyalan nelayan. Ironisnya, hingga sekarang belum satu pun tim medis atau pemerintah setepat meneliti bahkan mengobati para penduduk di kampung itu.

Akibat keanehan pada jari-jari mereka, sebagian warga kampung lain ada yang merasa jijik bergaul dengan mereka. Tak hanya itu, perkampungan mereka pun diberi sebutan ‘Kampung Manusia Kepiting’ oleh warga setempat.

5. Desa Berpenduduk Poligami

Dalam hukum Amerika, berpoligami adalah kejahatan. Tetapi bagi 1200 warga Centennial Park -kampung kecil di Colorado Arizona- berpoligami menjadi impian. Bahkan para gadis justru ingin berbagi suami saat menikah kelak. Mungkin ada yang bersikap moderat di tengah kontroversi soal poligami, bahwa orang berpoligami merupakan pilihan dan kesepakatan. Bahkan di AS yang menegaskan bahwa poligami adalah kejahatan, praktik rumah tangga dengan dua atau beberapa cinta ternyata tetap ada. Sekitar 1200 penduduk Centennial Park, kampung kecil di dekat Colorado, menunjukkan bahwa mereka berpoligami juga dengan alasan sendiri. Berbeda dengan mayoritas warga AS, mereka menyebut komunitasnya All-American Families (Keluarga Amerika Seluruhnya), dalam arti sebenarnya.

Seperti Ariel Hammon, 32, yang menikahi Helen, 30, yang memberinya tujuh orang anak, kemudian menikahi Lisa, 20, yang memberinya dua anak. Bagi Ariel dan dua istrinya berpoligami berarti menambah tenaga kerja untuk membangun rumah-rumah baru. “Warga di Centennial Park pernah membangun rumah baru di dekat rumah induk hanya dalam waktu dua hari. Itu karena banyak anak, banyak sukarelawan,” kata Ariel kepada ABCNews. Cemburu karena cinta berbagi? “Kami tidak pernah memikirkannya, justru ini yang saya impikan sejak dahulu,” kata Helen, yang bekas siswa Ariel seperti halnya Lisa. “Saya tidak masalah Ariel sudah menikah, itu saya anggap bonus,” tambah Lisa.

Beberapa penduduk yang ditanya soal seks, mengaku risih. Menurut mereka, para remaja tetap menjaga keperawanan dan dilarang berciuman sebelum menikah. Dan di tengah tergerusnya moralitas akibat merebaknya seks bebas di AS, Centennial Park cenderung tertutup dan curiga dengan orang asing. “Karena agama melarang (seks sebelum menikah),” kata seorang penduduk.

Seorang remaja putri, Michelle misalnya berharap suatu hari keperawanan akan memberinya orang yang tepat. “Tak masalah apakah calon suami saya punya enam atau tujuh istri. Laki-laki bukan milik kami, kami juga tidak bisa menguasainya. Sebanyak apa pun istri yang diinginkannya, tak masalah selama itu kehendak Tuhan,” kata Michelle.

Ariel juga menilai program Big Love di televise HBO yang menggambarkan intrik, kecemburuan dan saling menjatuhkan antara para istri, bukannya kenyataan sebenarnya. Ariel menilai yang terpenting adalah menjaga keutuhan rumah tangga dan mengasuh anak-anak sehingga seks bukan prioritas. “Untuk seks, harus mencuri waktu karena banyak anak di rumah. Tetapi seks adalah ekspresi cinta, banyak cinta di tempat ini,” kata Ariel.

6. Desa Yang Penduduknya Hidup Tanpa Air Bersih

Lebih dari 40 tahun warga Pedukuhan Wangon, Desa Kubangsari, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, hidup tanpa air bersih. Mereka merasa hidup tak layak di negera merdeka. Desa yang berpenduduk lebih dari 2.255 jiwa ini hidup tanpa air bersih.

Air bersih bagaikan barang langka yang sulit didapat. Sementara pemerintah daerah seolah menutup mata terhadap kesulitan warganya itu.

Konon katanya, desa ini kena kutukan karena ada seorang nenek nenek yang meminta air minum ke warga desa tapi ga ada yang ngasih.

Pemerintah ingin segera membangun sumur bor untuk mendapatkan air bersih, sayangnya hasilnya pun sia-sia.

7. Desa Tanpa Kasur

dusun kasuran adalah salah satu dusun yang yang ada di desa margodadi kecamatan sayegan, sleman. Sepintas emang gak beda sama dusun yang laen gan, tapi satu hal yang membedakan adalah mayoritas penduduknya gak tidur diatas kasur.

Tradisi ini udah berlangsung turun-temurun sejak jaman nenek moyang, dan gak cuma ditaati oleh orang-orang yang udah sepuh, tapi juga orang-orang muda dan anak-anak. Meyoritas warga tidur hanya beralaskan tikar atau dipan yang gak ada kasurnya.

Kebiasaan ini tentunya bukan tanpa alasan, mitosnya aturan agar warga gak tidur diatas kasur merupakan perintah dari Sunan Kalijaga. Dusun ini dulunya emang pernah disinggahi Sunan Kalijaga ketika melakukan perjalanan untuk menyebarkan agama Islam. Sunan Kalijaga berjalan dari Godean menuju arah utara, antara lain melewati Dusun Grogol dan Tuksibeduk. Sampai di Kasuran sekitar pukul 13.00-14.00 Sunan Kalijaga merasa sangat lelah. Kemudian dia meminta salah satu warga agar menggelarkan kasur untuk istirahat.

Ketika akan melanjutkan perjalanan, Sunan Kalijaga berpesan agar warga jangan sekali-kali tidur diatas kasur. Pesan tersebut masih dilaksanakan sampe sekarang, bukan hanya buat penduduk asli tapi juga buat penduduk baru.

Trus bagaimana kalo dilanggar? menurut pengakuan penduduk setempat biasanya akan terjadi hal-hal yang aneh. Seperti yang terjadi pada 11 orang mahasiswa yang sedang KKN di daerah ini, sebelumnya mereka udah diberitahu tentang peraturan tak tertulis yang dipercaya masyarakat, tapi gak tau apakah mereka bener-bener percaya atau hanya manggut-manggut tapi dalam hati menolak. Alhasil menjelang tengah malam 4 orang mahasiswa teriak-teriak histeris, teman-temannya mengira 4 orang ini masuk angin, setelah dipanggilkan dokter kondisi mereka tetap sama, setelah dipanggilkan sesepuh barulah mereka bisa tenang.

Kisah lain, salah satu warga Kasuran menidurkan anaknya yang masih kecil di atas kasur. Tanpa diketahui sebabnya anak tersebut tiba-tiba mengalami panas tinggi, menangis dan berteriak tanpa sebab yang jelas, setelah ditidurkan di ‘jogan’ (lantai) baru berhenti menangis.

10 Pipa Gas Paling Panjang di Dunia

Fhikar News - Penyaluran gas alam antarnegara membutuhkan pipa-pipa superpanjang. Berikut adalah 10 pipa gas Terpanjang di dunia

Lebih dari setengah abad lalu, persediaan energi dunia bergantung pada keberadaan pipa-pipa penyalur minyak bumi. Pipa-pipa itu telah menjadi simbol kekayaan dan sarana memperkaya perekonomian suatu negara. Pipa minyak bumi terbentang ribuan kilometer panjangnya.

Namun sekarang pipa yang juga memegang peranan penting adalah pipa gas. Pipa gas terdapat di hampir setiap negara mulai dari yang terkaya hingga termiskin. Pipa gas itu juga terbentang dari satu negara ke negara lain.

Berikut ini adalah daftar 10 pipa gas alam terpanjang di dunia menurut Txchnologist.

1. Pipa West-East, panjangnya 8.700 kilometer dan mengalirkan gas dari Xinjiang hingga Shanghai, China.

2. Pipa GASUN. Walau belum dibangun, pipa gas ini rencananya akan dibangun sepanjang 4.988 kilometer dan terbentang dari Bolivia hingga ke Brazil.

3. Pipa Yamal-Europe, memiliki panjang 4.197 kilometer mulai dari Siberia hingga Jerman.

4. Pipa Trans-Sahara. Jalur pipa ini juga belum selesai dibangun, tapi direncanakan akan terbentang dari Nigeria hingga Algeria, Afrika. Panjangnya diperkirakan mencapai 4.127 kilometer.

5. Pipa TransCanada, panjangnya 3.307 kilometer yang terbentang mulai dari Alberta hingga Quebec, Kanada.

6. Pipa Rockies Express (REX) memiliki panjang 2.700 kilometer, terbentang antara Colorado hingga Ohio Amerika Serikat. REX mulai beroperasi penuh pada November 2009 dan akan diperpanjang hingga ke New Jersey dan Texas.

7. Pipa Transcontinental, panjangnya 2.689 kilometer mulai dari Texas hingga New York, Amerika Serikat. Pipa ini juga mengalirkan gas alam dari Gulf of Mexico hingga ke New York.

8. Pipa Trans-Mediterania, memiliki panjang 2.591 kilometer, yang terbentang dari Algeria hingga Italia.

9. Pipa Northern Border, sepanjang 2.238 kilometer, mulai dari negara Kanada hingga Chicago, Amerika Serikat.

10. Pipa Nord Stream, panjangnya mencapai 1221 kilometer, dibangun dari Rusia sampai ke Jerman.