Site Map

Tahukah Kamu...
""

Selasa, 28 Juni 2011

Militer Usir Bintang Hollywood dari Myanmar

Dia masuk dalam daftar hitam negara tersebut setelah berperan dalam sebuah film.

Bintang film Hollywood, Michelle Yeoh, diusir dari Myanmar karena masuk dalam daftar hitam negara tersebut. Hal ini dilakukan setelah Yeoh memerankan tokoh pro-demokrasi, Aung San Suu Kyi, dalam sebuah film.
Michelle Yeoh (enjoyfrance.com)
Dilansir dari laman Bangkok Post, Selasa, 28 Juni 2011, Yeoh dideportasi kembali ke negaranya sesaat setelah mendarat di Bandara Internasional Rangoon, Myanmar. Pendeportasian dilakukan langsung oleh militer Myanmar yang memang telah menunggu kedatangannya.

"Dia tidak akan punya kesempatan ke Myanmar lagi. Dia langsung dideportasi menggunakan penerbangan pertama sesaat setelah sampai di bandara Rangoon. Dia masuk dalam daftar hitam sekarang," ujar pejabat tinggi Myanmar yang tidak ingin disebutkan namanya.

Perempuan 48 tahun kelahiran Malaysia ini dibenci oleh pemerintah Myanmar lantaran memerankan Suu Kyi dalam sebuah film yang akan terbit pada tahun ini. Judul film maupun tanggal pasti penayangan masih belum diungkapkan oleh sutradaranya, Luc Besson.

Yeoh sendiri pernah bertemu dengan Suu Kyi di rumahnya di Rangoon pada Desember tahun lalu usai pengambilan gambar di Thailand.

Nama Suu Kyi terkenal di seluruh dunia sebagai perlambang perlawanan dan demokrasi di Myanmar. Selama lebih dari 20 tahun dia menjalani tahanan rumah setelah kemenangan partainya pada pemilu 1990 dianulir oleh pemerintahan junta Myanmar.

Suu Kyi yang saat ini berusia 66 tahun dibebaskan pada 13 November tahun lalu. Kendati Myanmar mulai merambah demokrasi dengan pemilihan presiden dan parlemen, namun junta dikatakan masih menggenggam kuat negara tersebut. Terbukti dengan masih terbatasnya ruang gerak Suu Kyi dalam menyampaikan aspirasi. (umi)
Ingin mendapat tulisan terbaru Fhikar's News™ langsung ke Email Anda? masukkan alamat email Anda untuk berlangganan, Gratis!
*cek email Anda untuk konfirmasi berlangganan

Artikel Menarik Lainnya



Blogger Widgets